Prajurit TNI Raih Medali Emas di Sea Games di Manila

by -159 views

indomaritim.id, Manila – Membanggakan, lima orang prajurit yang merupakan atlet-atlet TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang turut serta memperkuat Tim Merah Putih dalam Ajang Pesta Olahraga Asia Tenggara (Sea Games) ke-30 Tahun 2019 di Manila, Philipina berhasil mempersembahkan 4 medali emas dan 2 perak, Minggu (8/12/2019)

Tiga medali Emas dan 2 Perak dipersembahkan dari cabang Dayung dari atlet-atlet Kolinlamil, sedangkan 1 Emas dipersembahkan dari cabang Modern Pentathlon di nomor Triathle Reley oleh prajurit Marinir dari Yonmarhanla 2 Padang.

Para atlet Kolinlamil yang tergabung dalam kontingen dayung nasional berlaga pada ajang cabang olahraga dayung berhasil mencatat prestasi yang gemilang dan membanggakan. Sertu Jas Rio Akbar, Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti, Serda Ttu/w Ayuning Tika Vihari serta Serda Ttg Mahendrayanto.

Pada pertandingan Dragon Boat meraih Medali Emas pada nomor Jarak 1000 meter 22 crew mix (Sertu Jas Rio Akbar dan Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti) dan nomor Jarak 500 meter 22 crew mix (Sertu Jas Rio Akbar, Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti dan Serda Ttu/W Ayuning Tika Vihari), meraih Medali Perak, pada nomor Jarak 200 meter 22 crew mix (Sertu Jas Rio Akbar, Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti dan Serda Ttu/W Ayuning Tika Vihari) dan nomor jarak 200 meter 4 crew women (Sertu Bah/W Ririn Puji Astuti). Pada pertandingan nomor Dayung Rowing Double Kelas Ringan Putra jarak 2000 meter meraih Medali Emas atas nama Serda Ttg Mahendrayanto.

Sementara itu, prestasi yang membanggakan juga ditorehkan Kopda Mar Frada Saleh Harahap yang merupakan atlet Modern Pentathlon yang berhasil mempersembahkan Medali Emas di nomor Triathle Reley. Sebelumnya, di hari pertama Prajurit Marinir yang berdinas di Yonmarhanla 2 Padang, ini berhasil merebut Medali Perunggu di nomor Miks Reley.

SEA Games ke-30 Tahun 2019 ini mengusung tema “We Win as One”, berlangsung di Philipina. Pembukaan resmi SEA Games 2019 digelar pada Sabtu malam, 30 November 2019. Sebelum dibuka secara resmi, pertandingan sejumlah cabang olahraga sudah digelar. Ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara tersebut diikuti kontingen dari 11 negara anggota ASEAN, yakni Philipina, Indonesia, Malaysia, Thailand, Timor Leste, Myanmar, Brunei, Singapura, Kamboja, Laos dan Vietnam.

Tercatat Penyelenggaraan SEA Games di Phlipina pada 2019 adalah yang keempat kalinya. Sebelumnya, Philipina sudah pernah menjadi tuan rumah SEA Games pada tahun 1981, 1991 dan 2005.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *