Presiden Jokowi Minta Pelindo IV Segera Bangun Manado Marine Bay

by -62 views
Pelabuhan Manado
Pelabuhan Manado. Foto: Istimewa
Banner

Manado, indomaritim.id – Presiden Joko Widodo meminta PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) untuk segera membangun Manado Marine Bay. Ia juga memerintahkan, pembangunannya harus tuntas dalam dua tahun, dimulai sejak 2020 mendatang.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo saat melakukan kunjungan ke Pelabuhan Manado dan Pelabuhan Bitung pada Jumat, (5/7/2019).

Selain meminta Pelindo IV segera membangun Manado Marine Bay, orang nomor satu di Indonesia ini juga meminta agar BUMN yang bergerak dibidang jasa kepelabuhanan ini kembali menyiapkan rute Bitung – Davao untuk ekspor langsung ke Filipina dari wilayah di Sulawesi Utara tersebut.

Baca Juga: Wanita Selam Indonesia dan Ribuan Orang Bersihkan Sampah di Teluk Manado

Direktur Utama PT Pelindo IV, Farid Padang mengatakan bahwa rencana membangun Manado Marine Bay dan persiapan rute Bitung – Davao sudah disampaikan kepada Menteri BUMN, Rini M. Soemarno dan Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

“Bahkan sudah menyiapkan master plan Manado Marine Bay. Pembangunan tersebut untuk mendukung program pariwisata yang terintegrasi,” kata Farid.

Keseriusan Pelindo IV untuk membangun Manado Marine Bay dan menyiapkan rute Bitung – Davao juga nampak dari koordinasi intens yang sudah dilakukan dengan pihak Pemprov Sulut maupun Pemkot Manado dan Pemkot Bitung.

“Kami targetkan rencana membangun pada prinsipnya setuju untuk memberikan insentif berupa tersebut,” tukas Farid.

Dia menambahkan, sebagai pemicu untuk meningkatkan volume ekspor ke Filipina dan sebaliknya, harus ada barang balik berupa kebutuhan rumah tangga dan elektronik yang dapat langsung dikirim dari Filipina ke Bitung, sehingga rute tersebut akan menjadi kontinyu.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga