Puluhan Kepala Negara di Organisasi Kerja Sama Islam Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Joko Widodo

by -156 views
Kepala Negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI)
Kepala Negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI). Foto: Kemenlu RI
Banner

Mekkah, indomaritim.id – Puluhan Kepala Negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) atau منظمة التعاون الإسلامي‎; menyampaikan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo untuk pemerintahan periode 2019-2024.

Ucapan selamat tersebut disampaikan Kepala Negara anggota OKI dalam Final Communique paragraf 94 yang disahkan pada penutupan Konferensi Tingkat Tinggi ke-14 OKI (KTT ke-14 OKI) di Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi (1/6/2019) waktu setempat.

Organisasi Kerja Sama Islam, dahulu Organisasi Konferensi Islam, mempunyai 57 negara anggota. OKI juga telah menjadi observer pada penyelenggaraan Pemilu di Indonesia pada tanggal 17 April 2019.

Baca Juga: Pilpres 2019 di Luar Negeri, Pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin Unggul di Slowakia

Para Kepala Negara ini juga memuji keberhasilan Indonesia dalam menyelenggarakan Pemilu yang adil, transparan, dan demokratis bulan April lalu.

Mereka juga mengapresiasi peran dan kontribusi Indonesia dalam perdamaian dunia dan kemanusiaan.

“Peran dan kontribusi Indonesia mendapatkan apresiasi dan penghargaan masyarakat internasional termasuk OKI,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang menjadi Utusan Khusus Presiden Jokowi pada pertemuan KTT ke-14 kali ini melalui siaran pers dari Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga: Para Purnawirawan Laksamana TNI Dukung Jokowi-Mar’uf

Di sela-sela KTT OKI ini, Menlu Retno bertemu dan melakukan kunjungan kehormatan dengan Presiden Afghanistan untuk membahas peran Indonesia dalam proses bina damai di Afghanistan.

Di awal pertemuan, Presiden Afghanistan mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno sampaikan Indonesia akan menggelar pertemuan Indonesia-Afghanistan Women Conference for Peace, dimana perempuan akan dijadikan motor dan agen perdamaian di Afghanistan.

Selain itu, Indonesia juga akan menggelar pertemuan kedua Trilateral Ulama Conference di Indonesia dalam waktu dekat.

KTT ke-14 OKI di Mekkah menghasilkan dua dokumen hasil, yaitu Final Communique dan Resolusi Palestina yang berisi posisi bersama dunia Islam terhadap isu-isu global yang dihadapi dan pengukuhan dukungan bersama terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *