Ragam Cara Rencanakan Investasi Pendidikan Untuk Anak

by -28 views
Ragam Cara Rencanakan Investasi Pendidikan Masa Depan Untuk Anak
Ragam Cara Rencanakan Investasi Pendidikan Masa Depan Untuk Anak

Jakarta, indomaritim.id – Investasi terbaik bagi anak adalah pendidikan. Namun, untuk menyekolahkan anak tidak membutuhkan dana yang sedikit, apalagi jika Anda ingin memilih sekolah yang berkualitas.

Sebagai orang tua, membiayai pendidikan anak merupakan salah satu kewajiban yang harus dijalani. Kami menuliskan beberapa tipis untuk menemani perjalanan Anda membuat rencana investasi bersama sang buah hati berikut ini:

Mempersiapkan Tabungan Pendidikan

Pada dasarnya, tabungan pendidikan adalah tabungan berjangka waktu yang dapat Anda tentukan sendiri dengan jumlah bunga tertentu.

Tabungan pendidikan ini juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga jika bank tempat Anda menabung mengalami kebangkrutan, tabungan pendidikan akan tetap aman walau pun ada potongan biayanya.

Mendaftarkan Diri Pada Asuransi Pendidikan

Berbeda dengan tabungan pendidikan yang bisa Anda cairkan pada waktu yang ditentukan, perusahaan asuransi sudah mematok kapan Anda dapat mencairkan uang tersebut.

Uang hanya akan cair ketika masa anak masuk sekolah SD, SMP, SMA, dan kuliah. Keuntungan yang Anda dapat dari asuransi pendidikan memang akan lebih besar dibanding tabungan pendidikan dari bank.

Baca Juga: Kerjasama Pendidikan Dengan US Navy, TNI AL Gelar First Navy Flag Officers Course Programme

Membeli Emas Sebagai investasi

Anda dapat melakukan investasi emas karena harganya yang stabil dan mudah untuk dijual. Emas dapat dibeli di gerai Antam, toko emas, bank syariah, atau pegadaian.

Perlu diketahui, sebaiknya Anda membeli emas berupa logam batangan bersertifikat. Emas batangan memiliki harga yang lebih mudah dipantau dibanding emas berbentuk perhiasan seperti cincin, kalung atau gelang.

Emas dalam bentuk perhiasan juga memiliki biaya pembuatan yang dibebenakan saat Anda membelinya dari toko perhiasan. Namun, biaya pembuatan ini tidak dapat dinilai kembali saat Anda menjualnya.

Investasi Reksa Dana

Coba persiapkan dana pendidikan lewat investasi reksa dana kecil-kecilan yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan keuntungan dengan kerugian yang kecil.

Anda dapat melakukan investasi reksadana pendapatan tetap, yaitu produk investasi yang 80 persen dananya akan ditanamkan pada aset seperti obligasi atau surat utang.

Sederhananya, melalui reksadana Anda bersama sejumlah nasabah lain akan memiliki manajer investasi sendiri yang mengelola keuangan untuk mencapai tujuan investasi sebelumnya.

Reksadana juga memiliki tingkat resiko investasi yang lebih rendah dibanding Anda langsung terjun ke bursa saham. Sebagai sarana investasi jangan panjang, reksadana cocok dipilih dengan tujuan pendidikan anak dimasa mendatang.

Baca Juga: Siapa Bilang Kuliah di Luar Negeri Mahal? Berikut Negara Degan Biaya Kuliah Lebih Murah dari Indonesia

Depositokan Bonus Tahunan

Anda sering endapat bonus tahunan dari tempat bekerja? Seperti bonus pencapaian prestasi, bonus kinerja Anda? Bonus tahunan juga bisa Anda manfaatkan untuk menabung dana pendidikan.

Selain aman, investasi deposito Anda juga akan mendapatkan bunga yang lumayan jika menyimpannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga