Ridwan Kami: Pariwisata Kelautan Akan Jadi Primadona

by -90 views
Ridwan Kamil di Danau Cisanti. Foto: Instagram/ridwankamil
Banner

Bandung, indomaritim.id – Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengatakan, sektor pariwisata kelautan akan menjadi primadona sehingga potensi daerah yang memiliki garis pantai harus dioptimalkan.

“Pariwisata kelautan akan menjadi primadona dan dalam dua sampai tiga bulan kami sedang memperjuangkan Pangandaran sebagai kawasan khusus,” kata Gubernur Emil saat memberikan sambutan pada Talk Show and Exhibition “Festival Membumikan Laut sebagai Masa Depan Bangsa”, di Graha Sanusi Hardjadinta Unpad, Kota Bandung, Selasa (6/2/2019).

Baca Juga: Menyongsong Empat Tujuan Wisata Dunia ‘Bali Baru’

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini mengatakan Pemprov Jawa Barat sudah berkomitmen untuk memajukan kawasan Jabar Selatan, khususnya daerah yang memiliki garis pantai dalam lima tahun ke depan.

Salah satunya, kata Gubernur Emil, ialah dengan membangun jalur kereta api di sepanjang pantai selatan, terlebih sektor pariwisata kelautan akan menjadi tujuan wisata favorit.

Selain itu, lanjut dia, Pemprov Jawa Barat juga tidak hanya mengembangkan pariwisata laut tapi juga melakukan riset tentang kelautan yakni membuka Fakultas Perikanan dan Kelautan.

Pada acara tersebut, Gubernur Emil memuji keberhasilan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) di bawah kepemimpinan Susi Pujiastuti.

“Saya kira keberhasilan KKP bisa diapresiasi milenial bahwa zaman Bu Susi kebanggaan pada kelautan meningkat, potensi laut meningkat, dan penegakan hukum juga meningkat,” kata dia.

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti akan membuat sebuah museum di Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, yang menampilkan contoh-contoh kumpulan kapal-kapal illegal fishimg yang berhasil ditenggelamkan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Kami akan buat museum yang mengumpulkan contoh kapal yang ditangkap di Pangandaran,” kata kata Menteri Susi saat mengisi Talk Show and Exhibition “Festival Membumikan Laut sebagai Masa Depan Bangsa”, di Graha Sanusi Hardjadinta Unpad, Kota Bandung, Selasa.

Di Depan para mahasiswa, Menteri Susi menceritakan alasan pihaknya membuat tayangan atau informasi penenggelaman kapal illegal fishing dengan tampilan yang menyeramkan.

“Saya sering ditanyai oleh para milenial, Bu Susi kenapa gambar penenggelaman kapal dibuat seram tayangannya. Saya jawab, itu sengaja biar para penjarah ikan di laut kita jadi takut,” kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Menteri Susi juga memaparkan keberhasilan kementerian yang dipimpinannya seperti berhasil menenggelamkan 488 kapal illegal fishing, kapal-kapal tersebut diketahui telah mencuri kekayaan hayati di laut Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *