Sarapan Sehat, Energi Untuk Memulai Hari

by -53 views
Banner

Jakarta, Indomaritim.id – Sarapan tak boleh dilewatkan karena membantu melewati pagi hingga saat makan siang dengan energi yang cukup. Sarapan dipagi hari menjadi bekal beraktivitas yang jauh lebih berat ketimbang setelah makan siang. Namun sarapan pun tak dapat sembarangan, salah memilih menu justru membuat hari Anda hancur karena salah jenis sarapan.

Agar Anda mendapat asupan energi yang cukup beraktivitas hingga istirahat makan siang, yuk disimak beberapa menu sarapan sehat untuk memulai bari berikut ini.

Kopi Berkualitas

Kopi bukanlah sekedar kopi, minuman di pagi hari ini memberikan berbagai manfaat yang baik untuk membantu Anda beraktivitas.

Namun ada kopi yang siap menghancurkan pagi hari Anda. Yakni kopi dengan kualitas rendah. Cirinya sangat mudah, biasanya kopi kualitas rendah memiliki harga murah. Kopi decaf termasuk yang menghancurkan pagi Anda, karena biji kopinya banyak mengandung jamur.

Susu Segar

Susu yang diproses melalui pasterisasi menghilangkan probiotik yang ada di dalamnya. Tapi proses pasterisasi memang baik untuk menghilangkan berbagai kemungkinaan kontaminasi yang dibawa oleh susu.

Sebaiknya sarapan tidak mengonsumsi produk turunan dari susu seperti yogurt, keju atau butter.

Batasi Asupan Gula dan Buah

Mengonsumsi buah-buahan dipagi hari ternyata tidak baik bagi tubuh. Sebab di pagi hari tubuh membutuhkan sodium daripada potasium yakni untuk menaikan tekanan darah yang masih rendah. Sedangkan buah mengandung potasium yang malahan menurunkan tekanan darah.

Konsumsi gula di pagi hari juga harus dibatasi untuk menghindari pankreas bekerja tak maksimal antara menurunkan kadar gula atau menaikannya.

Biji-bijian

Biji-bijian umumnya mengandung gluten. Konsumsi biji-bijian akan membuat Anda kecanduan layaknya narkoba.

Anda akan merasakan lapar sepanjang hari dan baru merasa kenyang setelah menemukan biji-bijian. Sereal, roti atau pancake termasuk dalam jenis makanan ini.

Daging, Telur dan Ubi Manis

Sarapan yang sehat dan baik adalah memenuhi kebutuhan kalori sebesar 4.000 sampai 4.500. Biasanya kebutuhan sebanyak itu ada pada lemak yang tak pernah ada di meja makan.

Cobalah untuk membuat sarapan daging dan telur yang kebanyakan disediakan oleh resto-resto ala barat.

Ubi manis juga dapat dijadikan sarapan, namun yang dikukus bukan yang digoreng. Alpukat dan salmon juga dapat dijadikan kombinasi yang baik untuk sarapan.
Dan tentunya yang tak dilupakan adalah kopi dengan kualitas terbaik.