Satgas pamtas Yonif Raider 509 Kostrad, Bantu Evakuasi Korban Heli Mi-17 di Papua

by -98 views

Pegunungan Bintang, indomaritim.id – Anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Pos Oksibil ikut membantu Evakuasi korban Heli MI-17 reg 5138 milik TNI AD yang jatuh pada 28 Juni 2019 lalu Didistrik Oksop Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Prajurit terlibat dalam Tim SAR untuk mengevakuasi 12 jenazah anggota TNI yang ikut dalam penerbangan tersebut, terdiri dari 5 Orang anggota Satgas pamtas Yonif 725/Wrg dan 7 Crew pesawat Heli Mi-17, Sabtu, (15/2/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Danpos Oksibil Lettu inf Rahmat Hidayat beserta 15 orang anggota Satgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad, mereka tergabung dalam im SAR gabungangan TNI-Polri beserta masyarakat setempat.

Rahmat mengatakan sebanyak 11 kantong jenazah korban jatuhnya heli langsung dibawa dari daerah lokasi jatuhnya pesawat di Distrik Oksop menuju Bandara Oksibil untuk selanjutnya dibawah ke bandara Sentani Papua. 10 jenazah sudah berasil diidentifikasi, sedangkan 2 jenazah tinggal kerangkah dan sudah tidak dapat dikenali,saat ini masih dalam pemeriksaan Tim Forensik Polda Papua. Nama-nama korban yang sudah berasil diidentifikasi diantaranya Lettu Cpn Ahwar (Copilot), Serda Dita Ilham, Kapten Cpn Bambang, Kapten Cpn Haris Afik, Serka Suryatna, Pratu Ashrul, Prada Sudjono, Pratu Yanuar, Pratu Risno dan Prada Tegar.

Rahmat juga mengatakan kegiatan itu merupakan misi kemanusian sesuai perintah pimpinan, yang harus segera mengevakuasi para korban. “Kami mendoakan semoga arwah para korban diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan”, ujarnya.

Sementara Dansatgas Pamtas Yonif Raider 509 Kostrad Letkol Inf Wira Muharromah, S.H., P.sc yang ikut dilokasi mengatakan bahwa Satgasnya terhabung dalam tim untuk melakukan evakuasi sejak beberapa hari yang lalu.

“Alhamdulillah hari ini telah berhasil dievakuasi, kami bersyukur dan kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu mengevakuasi teman-teman kami para korban Helly MI-17,” kata Letkol Inf Wira Muharromah.

“Semoga apa yang telah dilakukan akan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT dan kami mendoakan semoga arwah para korban diterima oleh Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Aamiin,” imbuhnya memungkasi.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *