Sehat dengan Superfood Lokal

by -160 views

Jakarta, indomaritim.id – Superfood adalah sebutan bagi sekelompok makanan yang kaya dengan nutrisi tertentu seperti potassium, serat, protein, mineral dan vitamin. Awalnya superfood digunakan sebagai taktik pemasaran produk makanan sehat untuk menunjang gaya hidup sehat masyarakat.

Hasilnya, makanan seperti chia seed, blueberry, gojiberry, quinoa, kale, dan almond pun mendunia dan dijual mahal karena manfaatnya yang luar biasa bagi kesehatan.

Sebenarnya, Indonesia juga memiliki banyak jenis makanan yang nutrisi dan berguna bagi kesehatan, tak kalah dengan superfood dunia. Di antaranya adalah :

Kelor

Daun kelor kaya akan fitonutrien, vitamin, antioksidan, dan mineral. Selain melancarkan ASI, kelor dapat memperbaiki gizi pada pada balita dan anak-anak, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh dan mencegah inflamasi, meningkatkan kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Ubi Jalar

Ubi jalar, khususnya yang berwarna ungu dan merah kaya akan vitamin A, C, B6, B1, niacin, asam pantotenat, potasium, serat, tembaga dan fosfor. Ubi jalar dapat merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh, menurunkan kadar gula darah, dan melancarkan proses pencernaan.

Sukun

Sukun merupakan sumber karbohidrat, protein, serat, antioksidan, vitamin, kalsium, zat besi, potassium, dan mineral

Mengkudu

Juga disebut noni, pace, buah dan daun mengkudu kaya akan protein, vitamin, dan mineral penting seperti selenium yang kaya anti oksidan, terpenoid yang membantu pemulihan sel-sel yang rusak, scolopetin yang anti radang. Mengkudu juga mengandung senyawa anti bakteri dan anti kanker.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, sawi, bayam, daun singkong, seledri memiliki nutrisi yang tinggi seperti serat,potassium, protein, mineral dan vitamin. Karena itu mengonsumsi sayuran hijau setiap hari penting buat kesehatan.

Pegagan

Juga disebut gotu kola, Centella asiatica ini mudah dijumpai di sawah dan tegalan. Pegagan mempercepat penyembuhan luka, melancarkan aliran darah, mencegah alzheimer, meningkatkan fungsi kognitif otak, menyamarkan bekas luka.

Selasih

Menjadi pengganti chia seeds, selasih kaya akan serat dan omega 3. Fungsinya membantu mendinginkan tubuh, mempercepat rasa kenyang sehingga membantu program diet, dan membantu proses pencernaan.

Manggis

Xanthone yang dikandung manggis membantu mengobati penyakit kardiovaskular, memperbaiki sel-sel yang rusak akibat radikal bebas, memperlambat penuaan, menangkal penyakit degeneratif.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga