Simak 5 Kegiatan Ngabuburit Seru di Rumah Aja

by -145 views

Jakarta, indomaritim.id – Kata Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yaitu “Ngalantung Ngadagoan Burit” yang memiliki arti bersantai sambil menunggu waktu sore. Istilah ngabuburit ini identik dengan kegiatan menjelang buka puasa di bulan Ramadan.

Sebelum musim pandemi Covid-19, biasanya orang-orang akan ngabuburit di luar rumah seperti jalan-jalan untuk membeli takjil (makanan untuk berbuka puasa) maupun berkumpul dengan teman-temannya untuk buka bersama di restoran. Pandemi membuat orang menunggu waktu buka puasa atau ngabuburit hanya di rumah sesuai anjuran pemerintah. Meski begitu, jangan khawatir. Kamu bisa melakukan kegiatan seru di rumah sambil menunggu waktu buka puasa.

1. Menonton Film

Menonton film menjadi salah satu kegiatan yang disukai anak-anak maupun orang dewasa. Di tengah pandemi Covid-19 ini, kamu tidak perlu ngabuburit di luar rumah, cukup menikmati tontonan bersama keluarga di rumah. Terlebih saat ini, sudah banyak tersedia platform streaming dengan berbagai genre film sehingga kamu tidak perlu repot pergi ke bioskop.

2. Masak Menu Buka Puasa

Daripada membeli makanan di luar, alangkah lebih baik kamu membuat menu untuk buka puasa di rumah atau sambil belajar memasak. Selain menjadi kegiatan yang seru, masak di rumah juga lebih terjamin kebersihan dan kelezatan makanannya. Kamu bisa memasak sesuai menu yang  diinginkan pada hari itu seperti kolak, ayam goreng, ayam bakar, capcay, dan menu lainnya.

3. Membaca Buku

Kegiatan produktif lainnya adalah membaca buku. Selain untuk menambah pengetahuan, membaca buku juga bisa menjadi alternatif menghemat biaya ngabuburit di luar rumah. Tidak harus memiliki buku secara fisik, saat ini sudah banyak aplikasi yang menyediakan ebook bahkan bisa dibaca secara gratis.

4. Berselancar di Marketplace

Untuk para wanita, ini bisa menjadi kegiatan yang paling mengasyikkan. Tidak perlu berbelanja di luar rumah, kamu bisa memilih belanja apa saja sambil duduk santai di rumah. Kamu juga bisa membeli keperluan sehari-hari atau bahkan baju untuk lebaran tanpa harus keluar rumah.

5. Olahraga Ringan

Berpuasa tidak menjadi halangan untuk tetap berolahraga dan hidup sehat. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik berskala ringan dengan durasi sekitar 30 menit per harinya. Kamu bisa olahraga ringan seperti yoga, aerobik, atau bersepeda. Usahakan jangan berolahraga berat karena tubuh rentan dehidrasi saat berpuasa.

Reporter: Haresti Amrihani

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *