Terus Bersihkan Pantai Utara Karawang, Pertamina Aktifkan Posko Logistik

by -47 views
Pembersihan tumpahan minyak di pantai. Foto: Istimewa

Karawang, indomaritim.id – Pembersihan wilayah pesisir Pantai Utara Karawang terus dilakukan Pertamina dibantu oleh TNI dan masyarakat sekitar anjungan YYA di area wilayah kerja Pertamina Hulu Energi Lepas Pantai Offshore North West Java (PHE ONWJ).

Untuk memperlancar proses pembersihan tersebut, Pertamina mendirikan Posko Logistik Pusaka Jaya Utara (PJU) yang dibuka 24 jam setiap hari sejak pekan lalu. 

Tim Logistik dari PHE Rama Atyasa Yuhar mengatakan setiap harinya posko PJU mengirim logistik ke tujuh titik pembersihan, yaitu wilayah Sungai Buntu, Pasir Putih, Cemarajaya, Muara Gembong, Sedari, Tambak Sari, dan Tanjung Pakis. 

Baca Juga: Kebocoran Gas, Pertamina Hentikan Sumur Minyak Lepas Pantai YYA-1

“Rata-rata setiap hari kami mengirim logistik ke daerah terdampak sebanyak 100.000 pcs plastik dan 100.000 pcs karung. Di setiap titik pembersihan, kami juga menyiapkan material pendukung seperti sekop, sendok semen, terpal, sepatu boot sekitar 500 pcs. Kalau di rata-rata setiap harinya kurang lebih sama jumlahnya seperti yang disebar ke tujuh titik itu,” ujarnya. 

Rama bersyukur, masyarakat sekitar posko logistik dengan sukarela membantu mendistribusikan kebutuhan logistik tersebut ke lokasi pembersihan. 

“Alhamdulillah kami banyak dibantu masyrakat, baik dalam pendiatribusian maupun kegiatan loading limbah yang akan dikirim ke pabrik limbah,” jelasnya. 

Rama berharap proses penanganan dapat cepat teratasi sehingga keadaan kembali normal.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga