Tingkatkan Kerjasama Perdagangan, KBRI Bratislava Gelar Pertemuan Bisnis Indonesia – Slowakia 2021

oleh -147 views
Pertemuan bisnis tahunan Indonesia – Slowakia 2021 dengan tema “Business without Boundary: Expanding Market Access for Indonesian and Slovak Businessmen”
Pertemuan bisnis tahunan Indonesia – Slowakia 2021 dengan tema “Business without Boundary: Expanding Market Access for Indonesian and Slovak Businessmen”

Bratislava, indomaritim.idKedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bratislava, Slowakia menyelenggarakan pertemuan bisnis tahunan Indonesia – Slowakia 2021 dengan tema “Business without Boundary: Expanding Market Access for Indonesian and Slovak Businessmen”, Kamis (24/6/2021).

Pertemuan ini adalah upaya untuk membangkitkan kembali hubungan ekonomi dan perdagangan sebagai akibat dari dampak pandemi COVID-19. Acara ini merupakan pertemuan ketiga yang bertujuan untuk membangun jembatan antara pengusaha kedua negara, khususnya di sektor perdagangan dan investasi.

“Slowakia merupakan mitra dagang Indonesia di kawasan Eropa Tengah dan berpotensi menjadi hub pasar Indonesia di Kawasan Eropa Tengah dan Timur. Secara geografis, Slowakia memiliki letak yang sangat strategis karena berada di the heart of Europe,” kata Duta Besar RI di Bratislava, Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso A.

Duta Besar RI di Bratislava, Slowakia,  Adiyatwidi Adiwoso A.
Duta Besar RI di Bratislava, Slowakia, Adiyatwidi Adiwoso A.

“Sebaliknya, Indonesia dapat menjadi hub pasar Slowakia di Kawasan ASEAN dan Pasifik. Meskipun hingga saat ini sudah ada hubungan perdagangan, namun dipandang masih terdapat ruang dan kesempatan untuk peningkatan hubungan yang tidak terbatas pada beberapa sektor, namun perlu juga peningkatan pada angka perdagangan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, pembicara kunci dari Slowakia, Direktur Jenderal Kerja Sama Ekonomi Kemlu Slowakia, Duta Besar Dusan Matulay mengapresiasi pertemuan tahunan ini dengan para pengusaha Slowakia yang memiliki hubungan/tertarik dengan Indonesia.

“Meskipun dalam masa pandemi, perdagangan antara Indonesia – Slowakia masih relatif stabil dimana Indonesia mengalami surplus,” kata Dusan Matulay.

Ia juga menjelaskan bahwa kerja sama Indonesia – Slowakia dapat dikembangkan di beberapa sektor seperti teknologi informasi, alat kesehatan, jasa, gandum dan produk lainnya. Forum semacam ini perlu terus didukung oleh para pengusaha Slowakia.

Hadir sebagai pembicara kunci, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Duta Besar I Gede Ngurah Swajaya selaku pembicara kunci, menyampaikan apresiasi terhadap upaya berkelanjutan KBRI dalam mendukung upaya menembus pasar non-tradisional Slowakia bagi produk ekspor Indonesia serta mendorong pengusaha Slowakia untuk menjalin kerja sama dengan pengusaha Indonesia.

Selain itu, ia menyampaikan apresiasi kepada Kemenlu Slowakia khususnya Dirjen Kerja Sama Ekonomi atas dukungan terhadap peningkatan hubungan kerja sama antara Indonesia dan Slowakia. Dibentuknya Virtual Indonesian House sebagai platform promosi bagi pengusaha Indonesia dan Slowakia serta diselenggarakannya Virtual Business Clinic merupakan keseriusan Pemerintah dalam rangka mencari cara dan upaya untuk membangun jembatan bagi pengusaha kedua negara.

“Diharapkan pengusaha Slowakia terus mengembangkan hubungan dengan Indonesia dan berpartisipasi dalam INA-CEE Business Forum pada bulan Juli dan Indonesia – Visegrad Business Forum pada bulan Oktober 2021,” kata Duta Besar I Gede Ngurah Swajaya.

Pada kesempatan ini, KBRI Bratislava mengundang dua pembicara, yakni Didi Sumedi, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Kemendag RI, yang memberikan pemaparan terkait produk potensial Indonesia di Slowakia serta Sri Endang Novitasari, Direktur Promosi Sektoral Kemeninves RI yang menjelaskan terkait prioritas dan peluang investasi di Indonesia yang dapat dikerjasamakan dengan Slowakia.

Kehadiran para pejabat dari Kemlu, Kemendag, Kemeinves Indonesia serta Kemlu dan Kemperek Slowakia merupakan bentuk dukungan kedua Pemerintah dalam meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *