Tingkatkan Profesionalisme dan Kemampuan Prajurit, Koarmada III Gelar Pelatihan Scuba Diver Gelombang Kedua

oleh -39 views
Komando Armada III TNI Angkatan Laut menggelar pelatihan scuba diver gelombang kedua untuk prajurit Bintara dan Tamtama. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat
Komando Armada III TNI Angkatan Laut menggelar pelatihan scuba diver gelombang kedua untuk prajurit Bintara dan Tamtama. Foto: Dispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Sorong, indomaritim.id Komando Armada III TNI Angkatan Laut menggelar pelatihan scuba diver gelombang kedua untuk prajurit Bintara dan Tamtama di kolam renang Tirto Segoro Kesatrian dan dan perairan di sekitar dermaga Mako Koarmada III, Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Kamis (2/6/2022).

Kepala Dinas Peyelamatan Bawah Air/ Kadislambair Koarmada III Kolonel Laut (T) Sigit Tatag T. ST., M.Tr. Hanla., saat membuka pelatihan scuba diver menekankan pentingnya kemampuan selam dasar bagi prajurit matra laut

“Pelatihan scuba diver bagi Bintara dan Tamtama di jajaran Koarmada llI, dilaksanakan berdasarkan Perintah Latihan dari Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah untuk melatih seluruh prajurit Koarmada III terutama untuk para Prajurit lulusan Satdik 3 Sorong dan prajurit lainnya yang belum memiliki kualifikasi menyelam dasar,” kata Kolonel Laut (T) Sigit Tatag.

Ia menambahkan, selain itu kegiatan tersebut untuk meningkatkan profesionalisme dan kemampuan para prajurit Koarmada III dalam kemampuan selam dasar.

“Agar mampu dan dapat dihandalkan dalam mengemban tugas sebagai Prajurit Matra Laut, selaras dengan salah satu program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan SDM TNI Angkatan Laut yang unggul,” lanjutnya.

Materi Teori dan Praktek Selam

Pelaksanaan pelatihan scuba diver gelombang kedua, dilaksanakan mulai tanggal 2 sampai 15 Juni 2022 bertempat di Kolam Renang Tirto Sagoro dan perairan di sekitar Dermaga Mako Koarmada III.

“Materi pelatihan dibagi dua tahap yaitu pengenalan dasar penyelaman, pengenalan alat-alat menyelam serta praktek menyelam,” ujar Kadislambair Koarmada III.

Tim Pelatih Scuba Diver dari prajurit Dislambair, Satkopaska dan Kolat Koarmada III dilibatkan untuk memberikan materi-materi selam tersebut.

Untuk materi pada hari pertama yang diajarkan adalah materi: Prosedur Penyelaman, Teori Kesehatan Penyelaman, Tabel Penyelaman dan Pengenalan Alat Selam Scuba.

Sementara itu, pelaksanaan Latihan Scuba Diver Gelombang Pertama telah selesai dilasanakan pada tanggal 31 Mei 2022 yang lalu. Seluruh peserta latihan menerima Brevet Scuba Diver langsung didalam laut sekitar Dermaga Mako Koarmada III yang diberikan langsung oleh Kadislambair Koarmada III.