Token Listrik Gratis PLN Oktober 2020, Begini Cara Dapatnya

by -340 views
Tagihan atau token listrik gratis dari PLN menjadi upaya meringankan beban masyarakat selama pandemi
Tagihan atau token listrik gratis dari PLN menjadi upaya meringankan beban masyarakat selama pandemi

indomaritim.id, Jakarta – Tagihan atau token listrik gratis dari PLN menjadi upaya meringankan beban masyarakat selama pandemi. Selama pandemi, masyarakat lebih banyak berada di rumah sehingga penggunaan barang-barang elekronik menjadi naik.

Hal tersebut tentu saja berimbas kepada tagihan atau biaya listrik yang dibayarkan tiap bulan menjadi tinggi. Bagi masyarakat berpenghasilan kecil dan menggunakan daya listrik hanya untuk keperluan rumah tangga, pemerintah melalui BUMN PLN memberikan bantuan keringanan pembayaran tagihan listrik, bahkan gratis.

Baca Juga: Indonesia Jadi Produsen Baterai Kendaraan Listrik Pada 2021

Dikutip dari laman resmi PLN, program token listrik gratis ini hanya berlaku untuk pelanggan 450 VA artinya memang khusus warga masyarakat biasa. Namun mekanismenya berbeda untuk pelanggan 450 VA kategori pascabayar dan prabayar. Pelanggan dengan listrik daya 450 VA kategori pascabayar akan otomatis mendapatkan pembebasan tagihan listrik pada bulan Oktober.

Dilansir dari laman resmi PT Perusahaan Listrik Negara, berikut cara untuk mendapatkan token listrik gratis:

Buka Situs Resmi PLN

Pertama, pelanggan perlu mengunjungi situs resmi PLN di https://stimulus.pln.co.id, lalu memilih opsi ‘Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)’. Pelanggan juga bisa langsung mengakses https://stimulus.pln.co.id.

Isi Data Pelanggan

isi data yang dimintakan di situs tersebut. Mulai dari identitas (ID) pelanggan atau nomor meter, kode captcha, nama, tarif, dan daya listrik yang digunakan.

Verifikasikan Data Pelanggan

Periksa kembali data pelanggan yang telah dimasukkan di portal data tersebut. Bila ada kesalahan, segera perbaiki kembali. Lalu tekan tombol kirim.

Catat Kode Token Listrik Gratis

Bila semua data telah sesuai, deretan angka token listrik gratis atau diskon akan muncul di kolom keterangan. Lalu, catat nomor token tersebut dan masukkan ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan yang diregistrasi.

Jangan sampai hilang atau terhapus catatan tersebut. Bila menggunakan telepon gengam, gunakan fasilitas rekam layar untuk mencatatnya.

Kode token tersebut tidak dapat diperjual belikan dan hanya diberikan kepada pelanggan yang identitasnya terverfikasi pada data PLN.

Melalui Kontak Center PLN

Cara lain, pelanggan bisa mendapat token dengan membuka aplikasi WhatsApp PLN di nomor 08122123123.

Kemudian, ketik pesan berupa nomor ID pelanggan. Setelah itu, nomor token listrik gratis atau diskon akan dikirimkan PLN ke pelanggan.

Isikan Kode Token Listrik

Selanjutnya, pelanggan tinggal mengisi token dengan nomor seri yang diberikan lewat chat tersebut. Cara terakhir, pelanggan bisa mengunjungi langsung kantor PLN terdekat atau menelepon ke call center 123 untuk informasi lebih lanjut.

Selamat Idul Fitri 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *