Wakasal Ahmadi Heri Resmikan Gedung Baru Mako Lanal Kendari

oleh -95 views
Wakasal Ahmadi Heri Resmikan Gedung Baru Mako Lanal Kendari, Selasa (13/12/2022)

Kendari, indomaritim.id – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono meresmikan Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari, Selasa (13/12/2022). Mako Lanal Kendari yang baru ini untuk mendukung kinerja TNI AL yang bertugas di wilayah Sulawesi Tenggara.

“Saya mewakili Kepala Staf Angkatan Laut, hari ini meresmikan Gedung Markas Komando Lanal Kendari Oputa Yi Koo. Ini merupakan sinergi antara TNI AL dengan pemerintah daerah,” kata Wakasal.

Saat meresmikan gedung baru Mako Lanal Kendari, Wakasal didampingi Gubernur Sultra Ali Mazi. Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari yang baru berada di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kendari Caddi, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Gedung Mako tersebut dinamakan Oputa Yi Koo yang merupakan salah satu nama Pahlawan Nasional dari Pulau Buton.

Kedatangan Wakasal disambut dengan jajaran kehormatan dan valreep dilanjutkan dengan tradisi ritual kearifan lokal serta tarian adat khas Sultra.

Dalam sambutannya, Wakasal menyampaikan bahwa TNI Angkatan Laut mempunyai tugas yang berhubungan dengan maritim. Pertama menjaga kedaulatan wilayah NKRI dan kedua menjaga keamanan laut.

“Bagi Angkatan Laut tidak akan pernah satu sendok air laut pun lepas dari NKRI, itu moto kami,” ucap Wakasal.

Ia menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara maritim yang sangat luas sehingga dibutuhkan alat untuk melaksanakan pengamanan dengan baik berupa kapal, pesawat terbang, dan pangkalan.

Peresmian Gedung Mako Lanal Kendari dengan luas bangunan 1.288 meter persegi dan fasilitas pangkalan yaitu Dermaga Lanal Kendari dengan panjang 150 m² ditandai dengan penekanan tombol sirine, pembukaan selubung dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Mako Lanal Kendari, Dermaga Lanal Kendari serta Peresmian Posal Konawe Utara, Posal Torobulu, Posal Kolaka dan Posal Wangi-wangi.

Selain itu dilaksanakan pengguntingan pita sebagai tanda peresmian Mako Lanal Kendari yang dilanjutkan dengan peninjauan fasilitas yang ada.

Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono menyebutkan TNI Angkatan Laut terdiri atas empat hal. Pertama, kapal atau KRI, kedua pesawat udara, ketiga tank marinir, dan keempat pangkalan yang disebut Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT).

Wakasal menerangkan fungsi pangkalan sangat strategis yaitu sebagai bekal ulang satuan-satuan operasi yang melaksanakan kegiatan operasi di wilayahnya. Di samping itu, TNI AL mempunyai tugas melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan.

Peresmian Mako Lanal Kendari ini juga merupakan Salah satu program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam pembangunan dan peningkatan sarana prasarana TNI AL untuk mendukung pelaksanaan tugas operasi.