William Tanuwijaya Sebut Indonesia Siap Jadi Raksasa Digital di Asia Tenggara

oleh

indomaritim.id, Jakarta – CEO dan founder Tokopedia mengungkapkan potensi Indonesia sebagai raksasa ekonomi digital untuk wilayah Asia Tenggara. Hal tersebut diungkapkan William melalui tulisannya di sebuah media nasional.

“Banyak pemodal ventura memberikan dana besar kepada sejumlah startup dalam negeri. Ini menunjukkan kepercayaan mereka kepada pelaku bisnis dan memberikan kepercayaan bahwa ekonomi di Indonesia akan terus bertumbuh,” ujarnya saat konfrensi TechInAsia di Jakarta.

Bersamaan dengan itu, teknologi informasi di Indonsia menunjukkan peningkatan tahun per tahun. Baik dari sisi kecepatan atau pun teknologi yang digunakan.

Kualitas berbagai barang produksi dalam dalam negeri mengalami peningkatan kualitas dan teknologi pembuatannya.

Juga sumber daya manusia Indonesia yang semakin banyak yang menguasi teknologu yang dibutuhkan untuk merintis bisni ini. Mahasiswa Indonesia yang sebelumnya kuliah di luar negeri, lalu bekerja di luar negeri mau kembali untuk mengajarkan apa yang mereka pelajari dan kerjakan disana. Ini adalah hal yang bagus.

Tokopedia akan membagun pemerataan ekonomi secara digital. Karena bisnis tidak hanya dilakukan secara online, namun masyarakat masih melakukan aktivitas bisnisnya offline.

Nelayan, petani, pedagang merupakan pelaku ekonomi terbanyak di Indonesia namun mereka tidak mendapat kesempatan melakukan transaksi besar yang menghsilkan keuntungan untuk kelanjutan bisnis mereka.

Cepat atau lambat, mereka harus bersaing dengan supermarket yang menjual barang-barang dalam jumlah besar dengan modal yang besar pula.  Ini menjadi peluang untuk Tokopedia menjadi penghubung antara bisnis offline dengan online.

Masyarakat semakin banyak menggunakan telepon dan internet untuk aktivitas sehari-hari Ini menjadi tantang bagi pelaku industrik kecil dan menengah, cepat atau lambat mereka harus beradaptasi dengan teknologi, termasuk e-commerce.

Disini, teknologi berubah dan berkembang begitu pesat. Listrik misalnya. Teknologi ini sudah menjadi sebuah kebutuhan mendasar dalam hidup masyarakat Indonesia.

Namun kita masih mendengar keluhan bahwa akses internet lambat dan tidak dapat diandalkan stabil kecepatannya.

Beberapa tahun dari sekarang, internet akan menjadi seperti listrik, sebuah kebutuhan mendasar dalam hidup masyarakat Indonesia.

Internet dan teknologi informasi akan menjadi sentuhan yang membuat pelaku usaha di Indonesia mampu bersaing secara global.

Tokopedia ingin menjadi mitra bagi pelaku usaha, khususnya pelaku usaha kecil. Mereka akan menjadi fokus usaha Tokopedia dalam 10 tahun kedepan.

“Kami juga akan terus berinovasi, sekaligus mengembankan sumber daya manusia yang sekarang ada,” ujarnya.

Melalui berbagai kombinasi berbagai hal tersebut, Indonesia diprediksi menjadi kekuatan ekonomi keempat atau kelima terbesar di dunia.

Industri teknologi dalam negeri harus terus dikembangkan secara praktis dan tepat agar menjadi motor utama dan harapan terbesar kita. Ini akan membawa Indonesia melompat, dari negara berkembang menjadi negara maju.

Reporter: Mulyono Sri Hutomo
Editor: 
Rajab Ritonga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *